Lingkungan

Gelombang Baru Sampah Plastik Impor

• Bookmarks: 854


Metro, petitum.id- Indonesia sebagai penyumbang sampah plastik terbesar nomor dua di dunia setelah China kini mengalami ancaman baru gelombang impor plastik yang kemungkinan besar  datang dari negara-negara lain

Seperti dilansir cnbcindonesia, sejak tahun 90-an, China melakukan impor sampah plastik sebagai bahan baku industri pengolahan limbah. Berdasarkan Riset CNBC Indonesia, pada tahun 2017, jumlah impor sampah plastik (HS 3915) China mencapai 5,8 juta ton. Jumlah terbesar berasal dari Jepang dan negara-negara Eropa.

Alhasil, negara-negara lain di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia mendapat limpahan sampah plastik dari negara-negara yang sebelumnya mengekspor ke China. Hal itu mengakibatkan volume impor sampah plastik Indonesia pada tahun 2018 mencapai 320 ribu ton atau naik hingga 150% dari tahun sebelumnya.

Dampak untuk Indonesia, tentu saja polusi akan semakin meningkat. Kualitas lingkungan hidup sudah tentu akan terancam. Indonesia adalah salah satu pusat dari ekosistem laut dunia. Perairan Indonesia merupakan rumah dari 76% spesies karang, hutan bakau, dan padang lamun yang rentan terganggu dengan adanya sampah plastik.

Sampah plastik kini menjadi masalah global yang dewasa ini mendapat perhatian lebih dari banyak negara. Sebagai material yang butuh waktu lama untuk terurai, produk berbahan plastik akan terus ada dan menumpuk di dunia dalam waktu yang lama. Sebuah studi dari Environment Agency menjabarkan kalaupun plastik memiliki dampak lingkungan, terkait potensi pemanasan global.

Afriyan

8 recommended
0 notes
54 views
bookmark icon

Write a comment...

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *