Berita
Daerah

Ajak Warga Peduli Sampah, CCEP Gelar Festival Nature and Harmony

• Bookmarks: 168


 

Metro, petitum.id- Berbagai upaya Kota Metro dalam mengelola sampah mendapatkan apresiasi dari Coca Cola Europasific Partners.  Hal tersebut diungkapkan oleh Yayan Sopian  saat bertemu dengan Walikota Metro Wahdi dalam rangka penulisan laporan City Pilot Project Waste Management, Senin (4/12/2023).

“Alhamdulillah, berbagai upaya yang dilakukan oleh Kota Metro mendapat apresiasi dan perhatian dari CCEP, “ujarnya.

Yayan juga  mengungkapkan bahwa pada 16-17 Desember mendatang akan menggelar Festival Bank Sampah di Taman Merdeka.

“Festival ini digelar untuk mengapresiasi peran dan partisipasi bank sampah tersebut mengusung tema Nature and Harmony akan menghadirkan bank-bank sampah di Kota Metro, stakheholders terkait dan rencananya juga dihadiri oleh peserta dari luar Lampung,”jelasnya.

Yayan menambahkan dalam festival tersebut selain menggelar pameran dan apresiasi bank sampah juga akan dimeriahkan dengan music performace dan ecolifestyle talkshow.

Walikota Metro, Wahdi menyambut baik penulisan laporan tahunan terkait pengelolaan sampah dan festival  yang akan digelar tersebut.

“Kami menyambut baik rencana penulisan laporan tahuna tersebut dan mendukung terselenggaranya festival bank sampah yang akan digelar di Taman Merdeka,”ujarnya.

Wahdi juga menambahkan bahwa Kota Metro juga baru saja mendapatkan penghargaan Kota Sehat  Kategori Padapa.

“Penghargaan KKS merupakan apresiasi dari Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah yang diselenggarakan sesuai Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri  dan Menteri Kesehatan  RI tahun 2005,”jelasnya.

Menurutnya Pemerintah Kota Metro juga akan terus berupaya untuk melibatkan masyarakat dalam upaya menjaga kelangsungan perilaku hidup bersih dan menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat sebagai budaya hidup keseharian,” ujarnya.

“Hal ini sebagai upaya untuk  mengimplementasikan program-program daerah yang inovatif dan kreatif guna mencapai visi Pembangunan Kota Metro, yakni Terwujudnya Kota Metro Berpendidikan, Sehat, Sejahtera dan Berbudaya,” ucap Wahdi.

Senada Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Metro Ardah menambahkan bahwa pihaknya terus mengembangkan partisipasi pengelolaan sampah di Kota Metro melalui kerjasama dengan stakeholders.

“Bersama Coca Cola, BNI dan PKK Dinas lingkungan hidup terus meningkatkan partisipasi dan keterlibatan para pihak dalam persoalan pengelolaan sampah,”tambahnya.

Kabid Infrastruktur Bappeda Metro Chairur Razikin mengatakan bahwa Bappeda terus berupaya mensinergikan berbagai upaya pengelolaan sampah secara terpadu.

“Pengelolaan sampah di Kota Metro terus mengalami kemajuan dan menjadi pintu masuk salah satu tujuan pembangunan berkelanjutan akibat peran serta stakeholders,dengan demikian partisipasi masyarakat juga meningkat, Bappeda tentunya berupaya untuk mensinergikan berbagai upaya yang muncul guna memudahkan penilaian serta pencapaian target dari Pemerintah Kota Metro,”tambahnya.

Terpisah Pimpinan Cabang BNI Metro Aan Sastradiningrat melalui Erika  Evanty menjelaskan bahwa BNI Metro dari sektor Perbankan ikut terlibat bersama Coca Cola dalam pengembangan bank sampah di Kota Metro

“BNI memiliki program Go Green dan juga  tanggung jawab sosial lingkungan  sebagai wujud kepedulian sekaligus kami juga berusaha mendorong literasi keuangan kepada masyarakat dalam rangka mensukseskan gerakan non tunai,”jelasnya.

Erika juga menambahkan bahwa sepanjang tahun  2023 tercatat 802 transaksi dari 21 bank sampah yang tersebar di Kota Metro

“Selain itu pengelola bank-bank sampah juga didorong menjadi agen 46 sehingga menjadi pendapatan tambahan bagi bank sampah selain itu kami juga berusaha menjadi konektor antara sekolah-sekolah dengan bank sampah terdekat,”pungkasnya

 

0 notes
68 views
bookmark icon

Write a comment...

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *