Berita
Daerah

Akhir Pekan,Tengok Pameran Bank Sampah dan Wajah Baru Rumah Asisten Wedana Metro

• Bookmarks: 991


 

Metro, petitum.id- Pameran bank sampah bertajuk Nature and Harmony akan digelar di Cagar Budaya Rumah Asisten Wedana Metro pada Sabtu 16 Desember 2023 mendatang.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Metro, Ardah menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan inisiatif bank-bank sampah yang ada di Kota Metro yang bekerjasama dengan CCEP Indonesia serta komunitas lainnya.

“Pada pameran tersebut akan diikuti oleh 30 bank sampah tidak hanya yang berasal dari Kota Metro tapi juga dari luar Kota Metro seperti Bandar Lampung dan Sumatera Selatan, kemudian talkshow, workshop, fashion show, stand kuliner dan juga  hiburan musik,” jelasnya.

Ardah menambahkan kegiatan ini sengaja digelar di cagar budaya sebagai wujud kolaborasi bersama antara  isu pengelolaan sampah dan pelestarian cagar budaya.

“Kami berharap lewat kolaborasi semacam ini,  isu-isu pengelolaan sampah di Kota Metro dapat menjadi isu bersama yang kemudian dapat diatasi bersama,”tambahnya.

Nur Rohim dari Bank Sampah Sahabat Gajah menambahkan dalam kegiatan tersebut juga akan dimeriahkan oleh paduan suara Gita Nada Lampung Choir (GNLC), kelompok angklung dan grup akustik lokal.

“Selain itu juga akan ada apresiasi terhadap bank-bank sampah unit (BSU) di 22 Kelurahan yang ada di Kota Metro  sebagai upaya memotivasi mereka,”ungkapnya.

Sementara itu M. Riananda Pratama dari Metro Creative Production menyambut baik kolaborasi antara komunitas bank sampah dan komunitas lainnya.

“Kami menyambut baik kolaborasi ini sebagai wujud upaya aktivasi cagar-cagar budaya khususnya Rumah Asisten Wedana Metro yang lokasinya amat strategis di pusat kota,”tambahnya.

MCP sendiri menurut Rian telah dua kali menggelar even kuliner dan clothing di Rumah Asisten Wedana sebagai upaya aktivasi ruang-ruang public.

Terpisah Anggota TACB Metro Siti Rogayati Seprita berharap lewat revitalisasi Rumah Asisten Wedana yang tengah digalakan dapat semakin menggairahkan even-even warga di Kota Metro.

“Lewat aktivasi ruang publik semacam ini, cagar budaya akan semakin dikenal luas oleh masyarakat dan harapannnya akan menumbuhkan rasa memiliki dan menjaga keberadaan cagar budaya yang ada di Kota Metro serta tidak lupa di even tersebut warga juga akan melihat wajah baru Rumah Asisten Wedana,”ungkapnya,

Di Rumah Asisten Wedana sendiri saat ini tengah dilakukan pemugaran pada bagian atap yang telah rusak serta Pembangunan beberapa fasilitas tambahan seperti taman dan tribun.

Regional Corporate Affairs Manager CCEP Indonesia, Yayan Sopian menambahkan bahwa even ini sebagai wujud apresiasi atas perjuangan dan kinerja bank-bank sampah yang telah berproses sejak tahun 2022.

“Kami berharap kedepan even-even seperti ini akan terus berlangsung sebagai upaya memperluas pengetahuan masyarakat terkait pengelolaan sampah,’katanya.

Yayan menambahkan CCEP Indonesia sendiri saat ini tengah menyusun laporan City Pilot Project Waste Management di Kota Metro bersama sejumlah jurnalis, akademisi dan juga birokrat.

“Kami berharap model pengembangan bank-bank sampah di Kota Metro dapat menjadi pembelajaran serta inspirasi bagi berbagai daerah lainnya,”pungkasnya.

9 recommended
0 notes
91 views
bookmark icon

Write a comment...

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *