Berita
Pendidikan

Dorong Program Revolusi Industri 4.0, SMKN SPP Bangun Kerjasama Dengan Stakeholders

• Bookmarks: 573


 

Metro, petitum.id- Sebagai wujud nyata adopsi teknologi pertanian dan peningkatan mutu pendidikan SMKN SPP Lampung melakukan benchmarking berupa kunjungan ke PT. Momenta Agrikultura “Amazing Farm” Lembang, Polbangtan Bogor dan Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI) Serpong, pada 4-5 Desember 2023 lalu.

Kepala Sekolah SMKN SPP Lampung menjelaskan bahwa benchmarking dilakukan untuk mengetahui update teknologi pertanian juga melakukan perjanjian kerjasama mulai dari penyelarasan kurikulum, praktek Kreja Industri, peningkatan kompetensi melalui guru magang, Pengembangan Teaching Factory, keterserapan Lulusan dan kunjungan industri.

Lebih lanjut ia menjelaskan , PT. Momenta Agrikultura Lembang diterima oleh General Manager, Bapak Dedi Suhariyanto.

Alhamdulillah, PT. Momenta Agrikultura Lembang mendukung dalam peningkatan kompetensi pendidikan khususnya bidang Agribisnis dan Agroteknologi, ” jelasnya.

Ia melanjutkan kunjungan ke Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor diterima oleh  Direktur Polbangtan Bogor Bapak Rudi Hartono, yang mengajak peserta  berkeliling melihat Teknologi Smart Farming program Youth Entrepreneurship and Employment Support Service (YESS).

“ Hal ini sebagai upaya menggerakan generasi petani dan wirausaha milenial yang ditunjang dengan mekanisasi dan inovesi pertanian. Teknologi Smart Farming dibangun rumah kaca dengan pemanfaatan IOT (Internet Off Thing)  diantaranya penyiraman otomatis, alat pengatur suhu dan kelembapan serta pengendalian hama penyakit tanaman,”jelasnya.

Selanjutnya rombongan melanjutkan ke Politeknik Enjinering Pertanian Indonesia  (PEPI) serpong dan diterima oleh Direktur PEPI Bapak Muharfiza. Politeknik ini berada di bawah Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementerian Pertanian.

“Sebagai SMK Berbasis Revolusi Industri 4.0 Kegiatan Benchmarking SMKN SPP Lampung menjadi tolak ukur bagi sekolah untuk mengadaptasi dan mengadopsi agar kinerja SDM, budaya kerja serta praktik pembelajaran yang selaras dengan Dunia Usaha Dunia Industri dapat mencapai target sesuai harapan,” pungkasnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5 recommended
0 notes
73 views
bookmark icon

Write a comment...

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *