Berita
Daerah

Perkuat Implementasi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah, Kota Metro Gelar Capacity Building

• Bookmarks: 17167


Metro, petitum.id- Pemerintah Kota Metro terus melakukan upaya untuk memperkuat komitmen pelaksanaan elektronifikasi di bidang pendapatan khususnya di sektor  retribusi daerah lewat capacity building yang digelar di Hotel Aidia Grande, Selasa (27/2/2024).

Acara yang  menghadirkan  narasumber dari Bank Indonesia Provinsi Lampung, Direktorat Jendral Bina Pembangunan daerah Kemendagri,  Kabupaten Bekasi  yang meraih penghargaan terbaik pertama kategori Digitalisasi Ekonomi Daerah dan kategori Elektronifikasi Transaksi Keuangan Pemerintah Daerah, pada ajang Bank Indonesia Awards Tahun 2023 lalu.

Walikota Metro dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekda Kota Metro mengatakan bahwa peningkatan kapasitas aparatur pengelola retribusi daerah amat diperlukan sebagai  bagian dari upaya peningkatan pelayanan publik. Pihaknya menyambut baik capacity building ini dalam rangka percepatan  sistem elektronifikasi retribusi daerah dapat mendorong pengelolaan retribusi secara profesional.

“Tidak hanya dari sisi transaksi yang lebih akuntabel tetapi juga sistem pelayanan yang baik,” tambahnya

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung Junanto Herdiawan mengatakan Bank Indonesia turut mendukung penyelenggaraan Capacity Building ini dengan menghadirkan narasumber-narasumber yang kompeten.

“Lewat capacity Bulding semacam ini kita juga dapat belajar kepada daerah-daerah yang telah berhasil menyelenggarakan e-retribusi dalam rangka digitalisasi pembayaran, ”jelasnya

Sementara itu  Kepala BPPRD Kota Metro Syachri Ramadhan menambahkan  kegiatan capacity building ini penyelenggaraan capacity Building Kota Metro merupakan bentuk semangat kami untuk melaksanakan elektronifikasi di bidang pendapatan, terkhusus melalui Retribusi Daerah.

“Kami menyadari bahwa elektronifikasi retribusi daerah memerlukan proses dan waktu, tentunya pemahaman yang komprehensif dibutuhkan bagi seluruh OPD pengelola Retribusi Daerah,”tambahnya

“Turut hadir dalam acara ini Bapenda Provinsi Lampung, Kepala Bapenda Kabupaten Bekasi, Kepala Bapenda Kabupaten Lubuk Linggau, Kepala Bapenda/BPPRD/BPKAD se-Provinsi Lampung, Kepala OPD Pengelola retribusi se-Kota Metro dan Kepala Kantor Cabang Bank Lampung Kota Metro,’pungkasnya

 

17 recommended
0 notes
167 views
bookmark icon

Write a comment...

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *