Profil

Esti Handayani,Alumni SMAN 3 Bandar Lampung Jadi Profesor Termuda di Universitas Mulawarman

• Bookmarks: 7719


Metro, petitum.id- Esri Handayani, perempuan kelahiran Teluk Dalam Lampung Tengah ini baru saja menorehkan prestasi menjadi Guru Besar Termuda di Universitas Mulawarman, Samarinda pada usia 39 Tahun.

Esti Handayani Hardi  menyandang gelar Guru Besar dalam Bidang Ilmu Parasit dan Penyakit Ikan di Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Mulawarman ( Unmul) Samarinda, Kalimantan Timur setelah memberikan orasi ilmiah di Gedung Rektorat, Unmul Selasa (25/2/2020) lalu.

Alumni SMAN 3 Bandar Lampung ini menyelesaikan sarjananya di Universitas Diponegoro pada tahun 2020 dengan konsentrasi ilmu budidaya perairan. Esti kemudian melanjutkan gelar magister di Institut Pertanian Bogor tahun 2002-2003 dengan konsentrasi ilmu air dan gelar doktor program pertanian Bogor dengan konsentrasi ilmu akuakultur tahun 2008-2010.

Sejumlah riset yang dilakukan Esti telah menghasilkan 13 publikasi ilmiah skala nasional maupun internasional terindeks scopus. Rentetan kajian tersebut menjadi salah satu parameter penilaian Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Esti juga berhasil menemukan tiga jenis tanaman rempah yang menjadi bahan baku obat dan vitamin bagi ikan. Ketiga jenis tanaman tersebut adalah  Temu Kunci (Boesenbergia pandurata), Terung asam (Solanum ferox), dan Lempuyang (Zingiber zerumbet).

Dyah salah seorang teman SMA Esti di SMAN 3 Bandar Lampung menyebut bahwa sejak sekolah  Esti memang dikenal sebagai anak yang pintar dan tekun.

“Teman-teman satu alumni SMAN 3 Bandar Lampung tentu bangga atas pencapaian Esti yang memang sejak dulu dikenal pintar, tekun serta rajin bergaul dengan kawan-kawannya,”pungkasnya.

 

Afriyan

7 recommended
0 notes
719 views
bookmark icon

Write a comment...

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *