Berita
Daerah

Pemkot Metro Raih Penghargaan Pelaksana Program Smart City 2023

• Bookmarks: 437


 

Metro, petitum.id-Pemerintah Kota Metro menerima penghargaan pelaksana Program Smart City Tahun 2023 dalam  Forum Smart City Nasional, Pameran dan Awarding Gerakan Menuju Smart City 2023 yang diselenggarakan oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika di ICE BSD, Tangerang, Kamis (07/12/2023).

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi  dan diterima oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Metro Subehi yang mewakili Walikota Metro . Menkominfo sendiri memberikan penghargaan kepada  50 Kota Terbaik yang mengikuti program pendampingan Gerakan Menuju Kota Cerdas Tahun 2023.

Budi Arie Setiadi mengatakan bahwa Pemerintah akan menetapkan standar perangkat TIK dan layanan publik yang kompatibel dengan teknologi digital. Hal ini untuk memastikan bahwa TIK dapat digunakan secara optimal untuk mendukung berbagai kebutuhan masyarakat.

“Pemerintah akan mendorong pemanfaatan teknologi digital di berbagai bidang, seperti pemerintahan, pendidikan, kesehatan, dan transportasi,”ujarnya.

Sementara  itu Subehi mengatakan  Pemerintah dan masyarakat Kota Metro tentu bersyukur dan semakin termotivasi setelah mendapatkan penghargaan Gerakan 50 Kab/Kota Menuju Smart City Indonesia.

“Pemerintah Kota Metro selalu berkomitmen untuk melaksanakan Program Smart City dengan sungguh-sungguh. Harapannya dampak positif dari implementasi smart city  ini dapat dirasakan oleh semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat,” ungkapnya.

Subehi menambahkan smart city  bagi Pemkot Metro bukanlah program atau kegiatan yang hanya dilaksanakan oleh salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) saja, tapi dilakukan secara kolaboratif oleh semua unsur Pemerintah, Non Pemerintah dan Masyarakat. Menurutnya, pembangunan Smart City  juga tidak hanya mengedepankan efisiensi birokrasi dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) namun juga bagaimana membangun masyarakat dengan menjadikan infrastruktur dan sarana TIK sebagai faktor pendukung.

“Karena itu, Kota Metro menjadikan Smart City sebagai visi berdasarkan perintah konstitusi yang ada di pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Yang mana Smart City merupakan strategi kita dalam mewujudkan visi NKRI yaitu mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur,” pungkasnya.

4 recommended
0 notes
37 views
bookmark icon

Write a comment...

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *