Berita
Daerah

Dekranasda Metro Promosikan Leluwak Tehambur dan Produk Lokal di Inacraft 2023

127


Metro, petitum.id- Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Kota Metro akan mempromosikan  motif Leluak Tehambur dalam ajang The International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) yang digelar di Jakarta Convention Center pada 1-5 Maret 2023.

Inacraft 2023 sesi pertama tahun ini ini sendiri dilaksanakan pada tanggal 1-5 Maret 2023  dan untuk sesi kedua akan digelar pada 2 sampai 6 Oktober 2023 mendatang juga di Jakarta Convention Center (JCC) .

Ketua Dekranasda Metro Silfia Naharani mengatakan bahwa pada gelaran Inacraft 2023 Dekranasda Meto melibatkan 15 pengrajin dan sekitar 200 produk berupa batik maupun produk-produk turunan kain tapis.

“Inacraft sebagai salah satu pameran kerajinan terbesar di Indonesia menjadi momentum untuk mengenalkan, mempromosikan dan memasarkan produk kerajinan Kota Metro terutama “Leluwak Tehambur” (Kupu-Kupu Beterbangan) yang ditetapkan sebagai ikon wastra khas Kota Metro pada bulan Desember 2022,”jelasnya.

Silfia menambahkan bahwa lewat pameran yang telah digagas oleh Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) sejak tahun 1975  ini diharapkan  dapat mendorong pengembangan dan penciptaan inovasi produk baru, pembinaan peningkatan kualitas produk, fasilitasi permodalan, kemitraan pemasaran.

“Selain itu juga yang tidak kalah penting adalah melahirkan rasa cinta dan bangga memakai produk lokal Kota Metro,”tambahnya.

Menurutnya lewat fasilitasi pemasaran produk dengan  memperluas jaringan pemaran melalui marketplace, melakukan berbagai even fashion dan festival produk kerajinan, pembinaan perbaikan kualitas dan kurasi produk juga diharapkan dapat  menjalin kerja sama dengan pihak luar negeri.

Terpisah, Pengurus Dekranasda Metro lainnya Maria Silfiani menambahkan bahwa pada Inaraft 2023 ini Dekranasda mengirimkan 7 orang pengurusnya untuk mengikuti pameran.

Maria menjelaskan bahwa Inacraft tahun ini sendiri mengangkat tema Sulawesi Selatan (Sulsel) yang bertemakan “The Authentic South Sulawesi”. Selain itu menurutnya Inacraft tahun ini juga diramaikan oleh lima kementerian yaitu Kementerian Perdagangan , Kementerian Perindustrian, Kementerian Hukum dan HAM , Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Kementerian BUMN.

“Lewat pameran ini kita berharap akan menambah jejaring pemasaran dan juga menumbuhkan berbagai ide dan kreatifitas bagi peningkatan kualitas produk-produk lokal Metro,jangan lupa warga Metro yang kebetulan di Jakarta kunjungi Stand Metro”pungkasnya.

0 notes
127 views
bookmark icon

Write a comment...

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *