Berita
Internasional

WHO : Vaksin Covid-19 Tak Akan Tersedia hingga Awal 2021

• Bookmarks: 1452


 

Metro, petitum.id– Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut vaksin virus corona belum bisa digunakan setidaknya hingga awal 2021.

Seperti dilansir CNNIndonesia., Direktur Eksekutif Program Kesehatan Darurat WHO, Mike Ryan mengungkapkan vaksin virus corona belum bisa tersedia secara massal hingga awal tahun meski pengembangan vaksin menunjukkan kemajuan.

“Kita bisa mempersingkat waktu, tapi secara realistis (pengujian vaksin membutuhkan waktu hingga) awal tahun depan sebelum orang-orang bisa divaksinasi,” kata Ryan, Rabu (22/7) seperti dikutip dari situs resmi WHO.

Ryan menyebut WHO harus memastikan bahwa vaksin harus terbukti aman dan efektif sebelum didistribusikan kepada khalayak umum.

“Vaksin tidak pernah 100 persen efektif (menangkal virus). Kita harus menunggu dan melihat seberapa efektif vaksin (yang ditemukan) dan berapa lama (durasi) perlindungannya,” ucap dia.

Ryan juga mengatakan hingga kini pengembangan vaksin menunjukkan kemajuan yang baik. Sejauh ini sudah ada 23 calon vaksin sedang dalam tahap pengembangan klinis.

Dia juga mengapresiasi vaksin yang sedang dikembangkan oleh Universitas Oxford dan AstraZeneca. Sejauh ini, vaksin tersebut telah diuji kepada seribu sukarelawan berusia 18-55 tahun dan tidak menunjukkan efek samping yang serius.

Afriyan/CNNIndonesia

14 recommended
0 notes
52 views
bookmark icon

Write a comment...

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *