Berita
Daerah

Sinergi Partai Kebangkitan Bangsa dan @PartaiSocmed, Jawab Keluhan Warga Lampung Dengan Ambulans Laut untuk Pulau Sebesi dari PKB

• Bookmarks: 4185


 

Lampung Selatan,petitum.id – Menjawab keluhan warga Lampung khususnya warga Pulau Sebesi yang kesulitan membawa orang sakit atau melahirkan menuju rumah sakit, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar mengirimkan bantuan ambulans laut gratis. Pelepasan ambulans laut ini berlangsung di Desa Kunjir, Rajabasa, Lampung Selatan, Minggu 11 Juni 2023.

Penyerahan bantuan ambulans laut ini dilakukan oleh Lukmanul Hakim sekretaris DPP bagian Gerakan sosial penanggulangan bencana yang sekaligus anggota DPR RI Fraksi PKB, didampingi Ketua DPW PKB Lampung Chusnunia, anggota DPR RI Fraksi PKB Dapil Lampung Ela S Nuryamah, serta beberapa anggota DPRD PRovinsi dan kabupaten lainnya.

Sekertaris DPP Bagian Gerakan Sosial Penanggulangan Bencana yang juga sebagai anggota DPR RI fraksi PKB Lukmanul Hakim mengatakan bantuan satu unit ambulance laut tersebut sangat diharapkan oleh nelayan Sebesi sebab warga Sebesi sering kesulitan saat mengantar orang sakit atau hendak melahirkan.

“Kami semalam melakukan dialog ngobrol ringan bersama tokoh nelayan Sebesi, dalam perbincangan kami mereka (nelayan) mengeluhkan sulitnya ketika menghantar warga sakit, sehingga tercetus bantuan ambulance laut,” kata Lukmanul Hakim.

Anggota DPR RI Fraksi PKB lainnya, Ela Siti Nuryamah menambahkan dari pengakuan sejumlah nelayan pulau Sebesi Ketum PKB Muhaimin Iskandar merasa prihatin sehingga memerintahkan untuk terjun langsung.

“Kalau mau ke Rumah Sakit warga harus naik perahu dulu selama 1,5 jam sementara sulit mencari perahu yang memadai bagi penumpang yang sakit,” kata Ela.Berawal dari MedsosMulanya Umar dan Syaiful warga pulau Sebesi mengadu kepada akun twitter @yodistara yang kemudian membagikan kepada akun twitter @PartaiSocmed pada 5 Mei 2023 lalu.

Berawal dari diskusi panjang di akun twitter ini kemudian anggota DPR RI Fraksi PKB Lukmanul Hakim melalui akun twitternya @LuqmanBeeNKRI merespon.Berikut isi kutipan twitternya:Replying to @PartaiSocmed and @jokowi: Tum,minta tolong carikan donatur untuk beli ambulan laut di pulau sebesi,lampung selatan.kasihan masyarakat ,klo ada yg sakit masih dianter pake perahu nelayan,mohon dibantu ya tum,buat permohonan sudah,tapi sampai saat ini belum ada realisasinya tum,” Ujar akun Yodistara.

Keluhan ini kemudian menyebar dibagikan oleh 79 akun.Diskusi di kolom komentar ini kemudian melebar hingga menarik perhatian anggota DPR RI Fraksi PKB @LuqmanBeeNKRI yang melaporkan kepada Ketum PKB Muhaimin Iskandar. Dari dialog dengan warga diketahui, Kapal milik warga di Pulau sebesi sebetulnya cukup banyak. Namun, tidak banyak warga yang berani mengantar orang sakit atau meninggal menggunakan kapal motor mereka. Pasalnya ada mitos kapal akan sial jika membawa orang sakit atau sial di warga setempat.

Proses penyerahan Ambulan laut ini disaksikan oleh aktivis media sosial Yodis, bersama warga yang mengeluhkan pertama kali yakni Umar dan Syaiful. Akun partai sosmed kemudian ikut memberitakan kabar baik bantuan ambulan laut ini.

“Alhamdulillah!! Dari mention ini ternyata ada teman2 dari PKB yg langsung nyamber membuatkan Ambulance Laut utk warga Pulau Sebesi, Lampung. Terima kasih Pak @LuqmanBeeNKRI, dkk  ,” tulis akun @PartaiSosmed.

Ketua DPW PKB Lampung Chusnunia dalam penyerahan Ambulans laut ini berharap, dengan bantuan ini proses evakuasi warga yang sakit menuju rumah sakit jadi lebih cepat. Ia pun memberikan bantuan berupa obat-obatan tanpa resep, seperti vitamin C dan P3K lainnya.

4 recommended
0 notes
185 views
bookmark icon

Write a comment...

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *