Berita
Daerah

Silaturahmi Bersama Warga Lamteng, Senator Jihan Beri Kuis Berhadiah Minyak Goreng

• Bookmarks: 6272


 

Lampung Tengah, petitum.id – Senator Lampung dr. Jihan Nurlela menggelar silaturahmi di  Kecamatan Rumbia, dan Putra Rumbia Lampung Tengah (Lamteng), Kamis (16/3/2022)

Pada silaturahmi kali ini Senator cantik ini secara khusus mendistribusikan makanan tambahan berupa roti balita dan susu bagi ibu hamil menyusui. Tema silaturahmi yakni sosialisasi pencegahan stunting. Namun, disela-sela membagikan roti balita dan susu ibu hamil, Senator Jihan juga membawa minyak goreng yang diberikan kepada warga.

Minyak goreng awalnya diberikan kepada ibu-ibu yang berhasil menjawab pertanyaan ringan seputar kesehatan.

“Jika anak terkena stunting, yang rugi bukan orang tua saja, tapi negara juga karena SDM-nya lemah. Untuk itu hari ini saya melakukan sosialisasi tentang pencegahan stunting, Caranya bagaimana, dengan pemberian nutrisi yang baik, sanitasi lingkungan yang baik. Nutrisi yang baik, itu tidak harus mahal. Apa coba? Siapa yang mau coba jawab tak kasih hadiah,” katanya disela-sela acara.

Minyak goreng menjadi hadiah bagi ibu-ibu yang berhasil menjawab pertanyaan. Namun, di akhir acara semua ibu-ibu diberikan hadiah minyak goreng.

Dalam sambutannya, dr. Jihan menjelaskan pentingnya makanan yang sehat untuk mencegah stunting.

“Mencegah terjadinya stunting dilakukan dengan perbaikan nutri, nutrisi mulai dari kandungan harus sudah diperhatikan seperti sayuran, telor, dan lainnya,” kata Senator berlatarbelakang dokter ini.

Menurutnya, stunting adalah kondisi yang ditandai ketika panjang atau tinggi badan anak kurang jika dibandingkan dengan umurnya.

“Mudahnya, stunting adalah kondisi di mana anak mengalami gangguan pertumbuhan sehingga menyebabkan tubuhnya lebih pendek ketimbang teman-teman seusianya dan memiliki penyebab utama kekurangan nutrisi,” tandasnya.

Banyak yang tidak tahu kalau anak pendek adalah tanda dari adanya masalah gizi kronis pada pertumbuhan tubuh si kecil. Hanya saja, perlu diingat bahwa anak pendek belum tentu stunting, sedangkan anak stunting pasti terlihat pendek.

“Anak masuk ke dalam kategori stunting ketika panjang atau tinggi badannya menunjukkan angka di bawah -2 standar deviasi (SD). Terlebih lagi, jika kondisi ini dialami anak yang masih di bawah usia 2 tahun dan harus ditangani dengan segera dan tepat,” urainya.

Sedangkan hal-hal yang menyebabkan stunting antaralain, Kurang asupan gizi selama hamil, Kebutuhan gizi anak tidak tercukupi.

Beni

6 recommended
0 notes
272 views
bookmark icon

Write a comment...

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *