Opini

Wujudkan PAUD Holistik dan Integratif di Kota Metro

• Bookmarks: 6122


Artikel ini sebagai bentuk pertanggung jawaban saya sebagai Bunda PAUD Kota Metro yang diangkat melalui SK Wali Kota Metro nomor 414/KPTS/D.3/2016 pada 05 Agustus 2016.

 Mengakhiri masa jabatan selaku Bunda PAUD Kota Metro, saya ingin menyampaikan ucapan terimakasih mendalam kepada seluruh pendidik dan tenaga pendidik PAUD sekota Metro, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan semua pihak yang terlibat dalam pengembangan pelaksanaan dan pencapaian  PAUD Holistik Integratif Kota Metro.

Berbagai penelitian yang terkait anak usia dini menunjukkan bahwa  pemenuhan kebutuhan perkembangan dan pertumbuhan anak sangat menentukan kualitas kesehatan, kecerdasan, dan kematangan sosial di tahap berikutnya. Tentunya pemenuhan kebutuhan tersebut menjadi tanggung jawab bersama antara orangtua, Lembaga PAUD dan pemerintah serta stakeholder. Sebagaimana yang  tercantum dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia nomor 60 Tahun 2003 tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) diartikan sebagai suatu upaya pembinaan kepada anak sejak lahir sampai dengan anak usia 6 tahun yang dilakukan dengan pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Layanan stimulasi holistik mencakup layanan pendidikan, kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan, perlindungan dan kesejahteraan menjadi kebijakan pengembangan anak usia dini dengan melibatkan pihak terkait baik instansi pemerintah, organisasi kemasyarakatan, organisasi profesi, tokoh masyarakat, dan orang tua.

Berbagai upaya telah kita lakukan bersama dalam mewujudkan PAUD Holistik Integratif Kota Metro. Peran strategis Bunda PAUD Kota Metro sebagai penggerak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menjadi sangat penting untuk mengoptimalkan aktifitas kegiatan dalam upaya penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif di Kota Metro. Langkah awal yang dilakukan dalam pengembangan PAUD HI Kota Metro adalah pemahaman komperhensip PAUD HI kepada pendidik dan tenaga kependidikan pada 121 lembaga PAUD Kota Metro baik Taman Kanak-Kanak maupun Kelompok Bermain. Kegiatan ini juga melibatkan pihak terkait baik instansi pemerintah, organisasi kemasyarakatan, organisasi profesi, tokoh masyarakat, dan orang tua.

Kegiatan  selanjutnya adalah pelaksanaan Bimbingan Teknis pelaksanaan PAUD HI kepada kepala PAUD dan pendidik PAUD serta pihak terkait seperti Perpustakaan, Puskesmas, orangtua/wali, Bunda PAUD tingkat kecamatan maupun kelurahan dan lainya. Hasil yang diharapkan adalah terlaksananya PAUD Holistik Integratif pada 121 lembaga PAUD Kota Metro. Adapun sumber dana pelaksanaan Bimtek dimaksud adalah dari Bantuan Pusat dan Daerah. Alhamdulillah seluruh lembaga PAUD Kota Metro telah mampu memahami, mendeklarasikan  dan melaksanakan PAUD Holistik Integratif.

Guna menjamin sustanbilitas pelaksanaan PAUD HI Kota Metro dilaksanakan melalui pengawasan yang melibatkan pengawas PAUD Kota Metro. Optimalisasi program parenting juga penting didorong dan dilaksanakan untuk menjamin sustanbilitas pelaksanaan PAUD HI. Hasil pengawasan digunakan sebagai bahan acuan rencana tindak lanjut perbaikan pelaksanaan PAUD HI Kota Metro.

Selanjutnya saya juga akan menyampaikan laporan hasil capaian kegiatan maupun prestasi PAUD Kota Metro selama kurun waktu 5 tahun. Diantaranya terlaksananya koordinasi yang baik antara bunda PAUD Kota Metro dengan bunda PAUD tingkat kecamatan dan kelurahan serta dinas terkait, terlaksananya penguatan kelembagaan dan peningkatan mutu pendidik melalui pembinaan bagi PAUD Kota Metro, berhasil meraih penghargaan MURI sikat gigi masal 4000 anak PAUD tahun 2016, meraih juara satu Kepala Sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) Tingkat Nasional oleh Astutiningsih, S.Pd.,M.Pd dari PAUD Aisyiyah Kauman Metro tahun 2016, kunjungan ke PAUD BAKTI YKKP Jakarta Barat tahun 2017, pemberian bantuan baju seragam Bunda PAUD Tingkat Kecamatan maupun Kelurahan, terlaksananya deklarasi PAUD HI Kota Metro dari tahun 2018, pemberian bantuan alat main APE, Buku cerita kebeberapa PAUD yang ada di Kota Metro dari Tahun 2018, meraih juara satu Tingkat Nasional Sekolah Sehat Jenjang PAUD katagori best karakter Tahjun 2019, memberi bantuan Alat Pendengaran bekerjasama dengan dinas Sosial Kota Metro kepada dua orang anak tuna rungu yang ada di PAUD Pertiwi Metro tahun 2019, meraih penghargaan Rekor MURI 6.964 anak PAUD Menabung di celengan terbanyak tahun 2019, Pembinaan dan dukungan pelaksanaan Pra Siaga di PAUD Pertiwi Metro Th 2019, terlaksananya program literasi bagi anak usia dini tahun 2020, kegiatan study tiru ke TK Paramount di Palembang tahun 2020, memberikan bingkisan kebeberapa PAUD dalam rangka lomba-lomba kegiatan Bunda PAUD tingkat kelurahan, kecamatan maupun Kota Tahun 2019 sd 2020. Semua kegiatan ini tentunya bertujuan untuk mendorong peningkatan layanan dan mutu PAUD Kota Metro.

Satu hal yang menjadi kebanggaan kita adalah terwujudnya PAUD rujukan untuk lomba sekolah sehat UKS dan PAUD Holistik Integratif di kota Metro yaitu PAUD Pertiwi Metro. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya kunjungan study banding ke PAUD Pertiwi Metro dari lembaga PAUD, satuan dinas baik dari kabupaten/Kota luar Kota Metro maupun Propinsi lain diluar propinsi Lampung.

Demikian sekelumit yang bisa saya sampaikan selaku Bunda PAUD Kota Metro periode tahun 2016 sampai dengan 2020 dan semoga bermanfaat. Saya menyadari bahwa semua hasil capaian diatas merupakan hasil kerja keras kita semua. Sekali lagi terimakasih dan apresiasi setinggi tingginya kepada semua pihak yang telah menyumbangkan tenaga, pikirannya bagi pengembangan PAUD Kota Metro. Selamat bertugas kepada bunda PAUD Kota Metro yang baru bunda dr Silvi Wahdi. Semoga kedepan PAUD Kota Metro akan menjadi lebih baik.

Hj. Heriyati Pairin

 

6 recommended
0 notes
122 views
bookmark icon

Write a comment...

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *