Berita
Nasional

Ketua MA : Optimalkan Program Modernisasi Peradilan Ditengah Pandemi Covid-19

• Bookmarks: 4131


 

 

Jakarta, petitum.id- Mahkamah Agung (MA) RI memperingati Ulang Tahun ke-75 dengan menggelar upacara peringatan di Kantor MA di Jalan Medan Merdeka Utara Jakarta, Rabu (19/8/2020).

Ketua MA Dr. H. M. Syarifuddin, SH.MH menyampaikan pidatonya dihadapan peserta upacara langsung secara terbatas dan diikuti juga peserta upacara dari seluruh peradilan Indonesia via zoom meeting dan youtube live streaming.  Dalam pidatonya Ketua MA., M. Syarifuddin mengatakan bahwa ditengah kondisi covid-19 maka momentum yang tepat bagi peradilan di indonesia melanjutkan dan mengoptimalkan program-program modernisasi peradilan.

Menurutnya sejak memasuki tahun 2020 bangsa Indonesia menghadapi tantangan yang berat  dalam melawan virus corona yang mematikan dan kasatmata. Hampir semua lini kehidupan tidak siap dengan kejadian luarbiasa yang secara signifikan mengubah tatanan kehidupan manusia tidak terkecuali mengubah tatanan hukum dan keadilan.

“Akan tetapi Mahkamah Agung tetap berjuang agar  lenegakan hukum yang berkeadilan tetap berjalan dengan tetap memberikan perlindungan hak asasi manusia sebagimana MA mengedepankan prinsip “keselamatan rakyat merupakan hukum tertinggi (salus populi sulrema lex esto)”.

Syarifudin memastikan bahwa kesehatan dan keamanan seluruh hakim dan aparatur peradilan serta seluruh pihak yang terlibat dalam proses peradilan tetap terjaga dan terjamin.

“Melalui program administrasi perkara di pengadilan secara elektronik (e-court) sejak 2018 dilanjutkan perubahannya melalui e-litigasi untuk perkara perdata, TUN dan Agama serta kini telah diperluas pada perkara-perkara pidana, pidana militer dan jinayat maka MA telah bersiap menghadapi pandemi ini. Jadikan momentum menggerakan seluruh warga peradilan untuk memaksimalkan teknologi tersebut guna memenuhi kebutuhan para pencari keadilan dengan cepat transparan, akuntabel dan adil”, ucap  mantan Kepala Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI tersebut.

Meskipun peringatan MA ke-75 diperingati secara sederhana dan menerapkan protokol keselamatan akan pandemi covid-19 akan tetapi tidak mengurangi animo warga pengadilan mengikuti upacara peringatan tersebut melalui streaming.

Dari Kepulauan Tidore Maluku Utara, Ketua PN Soasio, Ennierlia Arientowaty, SH. dengan bangga mengucapkan Dirgahayu MA.

“PN Soasio memastikan akan menjalankan seluruh program MA dan perintah Ketua MA. Meski ditengah wabah Covid-19 kami tetap memberikan pelayanan yang profesional kepada para pencari keadilan. Dirgahayu MA.RI ke-75, kami bangga menjadi bagian dari peradilan Indonesia”, ucap Ketua PN yang biasa disapa Lia tersebut.

Adapun dari kota Bogor, Ketua PN Bogor, Dr. Hj. Nenny Yuliany, SH.MH. menyambut suka cita peringatan HUT MA.RI ke-75 tersebut.

“Kami sudah menjalankan program dan perintah pimpinan MA mengoptimalkan kinerja peradilan modern. PN Bogor yang telah dilengkapi dengan ruang sidang modern memastikan akan melayani pencari keadilan dengan memaksimalkan penggunaan teknologi peradilan via e-court dan e-litigasi guna memberikan pelayanan yang cepat, efesien, aman dan adil”, ucap Nenny yang sebelumnya telah meluncurkan aplikasi-aplikasi modern di PN Bogor.

 

Syamsul Arief

4 recommended
0 notes
131 views
bookmark icon

Write a comment...

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *