Berita
Daerah

Tradisi Berkurban Masjid Daruttawwabin Way Kandis Bandar Lampung

3


 

 

Lampung, petitum.id- Masjid Daruttawwabin RT 09 Way Kandis Bandar Lampung memiliki tradisi pemotongan hewan sapi dan kambing setiap Idul Adha.  Pada Idul Adha tahun ini sebanyak 5 ekor sapi dan 6 ekor kambing disembelih, Jumat (31/7/2020).

Ketua Masjid Daruttawwain H.Tulus Setiadi  menjelaskan 6 ekor sapi berasal dari program arisan kurban warga setiap tahun sementara 6 ekor kambing berasal dari warga atau jamaah yang memilih berkurban kambing.

“ Pemotongan kurban telah dilaksanakan Sholat Ied Adha dengan Chotib dan Imam Ustadz. Maksum,LC. Ibadah dan dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ditentukan,”jelas Tulus.

Tulus mengatakan tradisi di Masjid ini mengedepankan kebersamaan, kerukunan tetangga. Semua warga terlibat dalam pemotongan, pengkulitan, pencincangan dan pembersihan jeroan.

“Tidak ada tukang potong khusus, semua anggota jamaah dan sebagian besar bisa memotong hewan qurban secara baik dan syar’I,”ungkapnya.

Acara pemotongan hewan ini sendiri berlangsung menyenangkan dimana ibu-ibu RT 09 Way Kandis juga ikut terlibat untuk urusan melayani kopi teh, snak dan lain- lain.

“Ini menjadi ciri khusus kerukunan tetangga yang hampir hilang di perkotaan , dalam suasana Covid pihak masjid juga membentuk Satgas Pencegahan dan Terdampak Covid,”pungkasnya.

 

SLamet Haryadi

0 notes
3 views
bookmark icon

Write a comment...

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *