Komunitas

Silat Kumango Jabung, Sehatkan Badan dan Pikiran

• Bookmarks: 562


 

Silat, sebagai olahraga yang menyimpan keindahan dalam tata gerak telah diakui sebagai budaya Melayu dalam arti yang luas. Indonesia sebagai negara berumpun Melayu juga mengenal berbagai macam silat, salah satunya adalah Pencak Silat Panji Indra atau yang kemudian dikenal dengan nama Silat Kumango Putih dari Jabung.

Silat yang akrab disebut Silat Kumango ini masuk di Desa Negara Batin, Kecamatan Jabung, Kabupaten Lampung Timur sekitar tahun 1970-an. Silat Kumango dibawa oleh seseorang pesilat dari daerah Krui Lampung Barat yang bernama Panji Indra, dengan nama silat Pencak Silat Panji. Saat itu, ajaran perguruan silat dikembangkan secara privat bagi siapapun yang berniat belajar beladiri.

Silat Panji  pada perkembangannya lebih dikenal di masyarakat dengan nama Silat Kumango. Memang di antara sekian banyak perguruan silat khususnya yang ada di wilayah Jabung dan sekitarnya, Sejak berdiri Silat Kumango memiliki banyak pengikut. Ini disebabkan murid-murid Panji Indra silih berganti.

Dalam silat tersebut tidak begitu memperhatikan jurus melainkan seni beladiri. Ketika proses belajar dengan tuyuk Panji Indra, ia hanya menekankan untuk menyerang dan membalas serangan lawan, baik dengan serangan yang mematikan maupun yang hanya melumpuhkan.

Sebagaimana perguruan silat lainnya, perguruan Silat Panji pun tak luput dari kebatinan. Meskipun bernafaskan Islam juga senantiasa ditekankan nasehat atau tausiyah agar tidak meninggalkan sholat dan tidak berbuat kejahatan.

Seiring berjalannya waktu, skitar tahun 2000an Pencak Silat Panji Indra mulai dikenal dengan nama Kumango Sakti. Pencak silat ini pun mulai diajarkan kepada pemuda-pemuda Risma Masjid Al Jihad, Desa Negara Batin, Kecamatan Jabung. Seiring berjalannya waktu dan kegiatan nama perguruan pencak silat ini berganti nama menjadi Kumango Putih.

Hampir seluruh pemuda Risma Al Jihad belajar dan menguasai silat tersebut.  Pencak Silat ini pun sudah menjadi bagian dari program pemuda Risma Al Jihad. Seiring dengan semakin meningkatnya pemahaman aqidah, maka perlahan kebatinan Silat Kumango mulai ditinggalkan dan yang diajarkan kini hanyalah beladiri murni.

Perguruan Silat Kumango sendiri saat ini telah terdaftar di IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia) dengan nama Perguruan Silat Kumango Putih dengan Guru Besar bernama Ismail Ishabullah. Seperti kata pepatah Silat Kumango “Lahir silat mencari kawan, batin silat mencari Tuhan”, yang dapat dipahami bahwa pencak silat tidak lepas dari jiwa sosial yang saling membutuhkan sehingga kita harus memperbanyak sahabat dan menjalin persaudaraan tali silaturahmi serta takwa terhadap ajaran agama Islam dan menjauhi segala larangannya.

Salah satu tujuan pencak silat ini masuk di Kecamatan Jabung yaitu menjadi alternatif sarana dakwah dan sebagai penambah wawasan keagamaan serta untuk merubah stigma negatif tentang Jabung.Sampai saat ini pemuda-pemuda bahkan yang sudah berumah tangga banyak yang ingin belajar pencak silat ini, baik dari wilayah Jabung sendiri bahkan sampai luar Kecamatan Jabung.

Oleh karena itu, seiring pesatnya perkembangan zaman dan teknologi saat ini, cara mengajar pun harus lebih modern tanpa meninggalkan aspek-aspek leluhur pencak silat. Memang sulit dan butuh tindakan lebih untuk merubah stigma negatif yang sudah melekat terhadap Jabung selama puluhan tahun.

Diharapkan dengan adanya  kegiatan positif ini yang sudah lama tetap bertahan meski terus menerus tergerus akan perkembangan zaman modern.  Lewat silat harapannya akan mampu mengubah atau  bahkan mendapatkan prestasi baik dari kegiatan pencak silat ini.

Syukur Alhamdulillah, saat ini Perguruan Pencak Silat Kumango Putih telah mendapatkan banyak penghargaan di bidang seni dan budaya baik itu piala, medali dan piagam. Prestasi yang diraih ini menunjukan bahwa masih  banyak pemuda-pemuda yang berprestasi dan membanggakan Desa Jabung. Lewat prestasi positif ini lah yang perlahan akan menggerus stigma negatif tentang Jabung itu sendiri.

Ismail

5 recommended
0 notes
62 views
bookmark icon

Write a comment...

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *