Lifestyle

Full Time Traveller

• Bookmarks: 15


 

Gara-gara Work From Home (WFH) dua bulan, jadi punya banyak waktu nonton youtube sampai subuh. Dari banyak channel youtube yang saya ikuti, saya terinspirasi dengan kehidupan para full-time traveller, asik juga ya kehidupannya. Biasanya sih mereka masih muda, belum punya anak. Rata-rata berumuran 20-30 tahun.

Bagaimana dengan income untuk biaya jalan-jalan? Saya perhatikan rata-rata mereka awalnya menabung untuk sekian bulan biaya jalan-jalan, kemudian di jalan mereka menghemat pengeluaran (prinsip-nya setiap penghematan berarti jalan-jalan semakin lama), kemudian sambil cari income, bisa jualan online, pekerjaan yang bisa remote, atau jadi youtuber.

Dari beberapa full time traveller, saya lebih suka tokoh-tokoh yang suami istri (tidak suka yang cowok sendirian, kalo cewek sendiri belum cek), seperti Kara and Nate, dan Tim and Fin. Saya bercita-cita juga jadi full time traveller, tapi karena sudah punya anak, ya tunggu anak-anak kuliah dulu. Kalau anak-anak sudah kuliah, saya dan Istri sudah bisa bebas menikmati waktu.

Target saya kalau lancar, mudah-mudahanan 5 tahun lagi bisa tercapai, sekarang menabung dan bangun aset dulu (Tepatnya sudah sejak 2008 sih, bukan cuma dari sekarang, kalo baru mulai sekarang, sepertinya 5 tahun sulit terkejar, terlalu pendek waktunya untuk kita yang di Indonesia).

Perkiraan biaya dari yang saya tonton di youtube sih sekitar 60.000 USD untuk 1 tahun berdua Ada yang minat juga jadi full time traveller? Atau ada yang sudah jadi full time traveller bisa bagi-bagi tips dan pengalaman ya.

Timotius Hoo

0 notes
5 views
bookmark icon

Write a comment...

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *