Berita
Internasional

4 Anggota Kongres AS Ancam Israel jika Caplok Tepi Barat

• Bookmarks: 238


 

Metro, petitum.id– Empat anggota Kongres Amerika Serikat yakni Alexandria Ocasio-Cortez, Rashida Tlaib, Pramila Jayapal, dan Betty McCollum mengancam akan membuat pemerintahan Presiden Donald Trump menangguhkan bantuan militer bagi Israel jika tetap melanjutkan upaya pencaplokan wilayah Tepi Barat, Palestina.

Peringatan itu sendiri disampaikan oleh empat anggota progresif Kongres AS tersebut melalui surat yang ditujukan kepada Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo.

Seperti dilansir CNNIndonesia, tidak hanya pendanaan militer, keempat anggota Kongres itu juga menyatakan berupaya membuat AS mempertimbangkan kembali pemotongan bantuan dana pengadaan senjata Israel melebihi dana pemerintahan Netanyahu untuk mendanai perluasan pendudukan di Tepi Barat selama ini.

“Kami tidak dapat mendukung sistem yang tidak demokratis di mana Israel akan secara permanen mengontrol rakyat Palestina dan menolak kemerdekaan serta pemenuhan hak mereka,” tulis keempat Anggota Kongres  dalam surat tersebut.

Sebelumnya Israel berencana mengungkap rencana aneksasi Tepi Barat sekaligus memulai prosesnya pada 1 Juli. Pencaplokan ini merupakan bagian dari janji kampanye PM Netanyahu dalam pemilihan umum kemarin.

Afriyan/CNNIndonesia

 

 

2 recommended
0 notes
38 views
bookmark icon

Write a comment...

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *