Berita
Internasional

WHO Rilis Pedoman Kegiatan Massal di Masa Pandemi

• Bookmarks: 743


 

Metro, petitum.id – Badan Kesehatan Dunia (WHO) menerbitkan pedoman baru untuk melaksanakan kegiatan pertemuan secara massal di tengah pandemi. Panduan ini juga berisikan rekomendasi terhadap sejumlah penyesuaian terhadap aktivitas besar yang dilakukan di luar ruangan.”Dalam konteks covid-19, pertemuan massal adalah kegiatan yang dapat memperkuat transmisi virus dan berpotensi untuk mengganggu kapasitas respons suatu negara,” tulis isi pedoman tersebut,

Pedoman baru itu di antaranya merekomendasikan pembatasan kehadiran bagi orang sehat pada kegiatan-kegiatan pertemuan di luar rumah. Hal itu disebutkan dapat membantu untuk membatasi penyebaran virus tersebut.

Meski demikian, WHO tak memungkiri bahwa kegiatan-kegiatan secara massal itu juga dapat memberikan manfaat selama pandemi saat ini. Misalnya, demi ketersediaan lapangan pekerjaan dan juga peningkatan psikologis selama pandemi.

“Karena pertemuan massal memiliki implikasi pada politik, budaya, sosial, dan ekonomi yang substansial, maka pihak berwenang harus menilai seberapa penting peristiwa itu dan mempertimbangkan opsi yang mungkin terjadi,” tulis pedoman tersebut.

Penyelenggara kegiatan diminta untuk dapat memitigasi dan juga menangani setiap risiko kesehatan masyarakat yang dapat terjadi. WHO juga meminta agar pemerintah dan juga penyelenggara kegiatan untuk dapat melakukan penilaian risiko sebelum kegiatan secara massal itu terselenggara. Langkah-langkah strategis yang dapat diambil oleh penyelenggara apabila kegiatan secara massal dilakukan pun harus disertakan dalam penilaian tersebut.

Misalnya, seperti kedatangan peserta yang tidak diperkirakan, peningkatan laju transportasi, penentuan tempat duduk, kapasitas venue yang disesuaikan, dan juga kegiatan yang diadakan secara virtual atau dilakukan di luar ruangan.

Beberapa rekomendasi lain pun, berfokus pada kegiatan peserta untuk saling menjaga jarak fisik, memperhatikan etika saat batuk, dan memperhatikan kebersihan tangan selama kegiatan. Kemudian, penyelenggara kegiatan dapat menyarankan orang yang berusia di atas 65 tahun sehingga berisiko terjangkit penyakit-penyakit kronis, atau dengan kondisi medis yang sudah ditentukan agar menjauhi kerumunan dalam kegiatan.

Pedoman ini juga merekomendasikan untuk dibuatnya aturan khusus bagi pihak-pihak yang rawan terjangkit penyakit. Sejumlah rekomendasi WHO juga  mencakup tindakan-tindakan lain seperti pembatasan durasi kegiatan, penyediaan fasilitas isolasi bagi peserta yang sakit.

Afriyan

7 recommended
0 notes
43 views
bookmark icon

Write a comment...

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *